PROGRAM KERJA

1. Pengelolaan TK/KBA/SDIT Wildan

Pengelolaan lembaga pendidikan yang dilakukan DPD Wahdah Islamiyah Mamuju melalui Departemen Pendidikan masih terbilang baru dan untuk saat ini tingkat pendidikan Sekolah Dasar belum memiliki lulusan. Adapun untuk jenjang TK, Alhamdulillah telah memperoleh Akreditasi A, untuk KBA telah memperoleh Akreditasi B dan untuk kedepan sementara perintisan untuk tingkat pendidikan SMP.

2. Pengelolaan hewan qurban

Jumlah hewan Qurban tahun 1437 H/2016 M yang dikelola DPD WI Mamuju sebanyak 18 ekor sapi dan 14 ekor kambing yang dagingnya telah terdistribusi kepada masyarakat yang membutuhkan.

3. Latihan penyelenggaraan jenazah

Kegiatan ini dimaksudkan untuk membekali kader tentang proses penyelenggaraan jenazah yang sesuai dengan tuntutan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam sehingga mampu membantu masyarakat yang membutuhkan berkaitan dengan penyelenggaraan jenazah.

4. Latihan memanah

Dengan tetap berkoordinasi pengurus PERPANI Kabupaten Mamuju yang baru terbentuk, DPD Wahdah Islamiyah Mamuju telah membentuk club panahan yang diberi nama “Rimayah Archery Club Chapter Mamuju” dan alhamdulillah tahun 2017 ini telah rutin melakukan latihan 2 kali sepekan di Lapangan Tembak Mamuju dan Insya Allah siap membudayakan salah satu olahraga yang disunnahkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam ini.

5. Diklat da’i dan murabbi

Peserta dalam kegiatan ini merupakan calon dai dan khatib dari kader Wahdah Islamiyah, peserta mendapatkan beberapa materi diantaranya amanah dalam dakwah, retorika dakwah, Fiqh Jum’at serta metodologi penyusunan naskah. Selain teori peserta juga melakukan praktek membawakan khutbah Jumat di atas mimbar.

6. Khatib Khutbah jum’at dan Ceramah Tarwih dibeberapa Masjid di Kabupaten Mamuju

Dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat Kabupaten Mamuju, DPD Wahdah Islamiyah Mamuju telah menyiapkan khatib yang siap mengisi khutbah jum’at. Para khatib tersebut tersebut telah melalaui proses palatihan dan siap memberikan pencerahan kepada masyarakat Kabupaten Mamuju khususnya Masjid-Masjid yang kesulitan mendapatkan khatib di hari Jum’at. Begitu juga dengan ceramah tarwih, walaupun ini sifatnya kondisional di Bulan Ramadhan, DPD Wahdah Islamiyah Mamuju juga telah mempersipakan beberapa da’i untuk mengisi ceramah tarwih demi menjawab kebutuhan masyarakat.

7. Pengajian pekanan di beberapa Masjid di Kabupaten Mamuju

Kegiatan ini merupakan program rutin pekanan departemen dakwah DPD Wahdah Islamiyah Mamuju. Waktu pelaksanaan antara maghrib – Isya, adapun yang dibahas tentang Tafsir Ibnu Katsir setiap hari selasa dan Kitab Minhajul Qashidin setiap hari sabtu di Masjid Al Ihsan Jalan Musa Karim, Kitab Fiqih Sunnah setiap Rabu di Masjid Hilyatul Aulia BTN Graha Nusa II, Kitab Tauhid setiap Rabu di Masjid Al Muhajirin Kompleks Terminal BUS Simbuang dan setiap kamis di Mushollah Wihdatul Ummah Jalan Pababari depan wisma mala’bi Mamuju. Khusus untuk muslimah, pembahasan kitab Bulughul Maram  setiap Jum’at ba’da Ashar di Masjid Al Ihsan Jalan Musa Karim.

8. Beberapa kegiatan Tabligh Akbar

Kegiatan ini didesain untuk memberikan pencerahan kepada kader dan masyarakat dengan mengangkat topik pembahasan tertentu yang menghadirkan pemateri/ustadz yang kompeten di bidangnya. Beberapa kegiatan tabligh akbar yang telah terlaksana di DPD Wahdah Islamiyah Mamuju seperti: Bahaya Narkoba, Sejuta Cinta untuk Indonesia, Kehidupan Setelah Kematian dan Islam Rahman Lil ‘Alamin dan lain-lain.

9. Program Dirosa (Pendidikan Al-Qur’an Orang Dewasa)

Program ini dikhususkan untuk remaja dan orang tua yang belum lancar atau kesulitan membaca Al-Qur’an dengan sistem klasikal 20 kali pertemuan Insya Allah sudah bisa membaca Al-Qur’an.

10. Program tahzinul qiraah

Program ini diperuntukkan bagi yang sudah mampu membaca Al-Qur’an namun ingin memperbaiki bacaan Al-Qur’an melaui pendalaman ilmu tajwid.

11. Pengelolaan Zakat, Infaq dan sedekah

DPD Wahdah Islamiyah Mamuju memiliki sebuah lembaga yang bertugas mengumpulkan dan menyalurkan dana Zakat, Infaq dan Shadaqah dari kaum muslimin. Alhamdulillah, berkat kepercayaan masyarakat muslim Kabupaten Mamuju, dana ZIS yang dikelola LAZIS DPD-WI Mamuju telah memberikan manfaat yang sangat besar bagi dakwah Islamiyah, serta pihak-pihak yang layak menerima bantuan ZIS.

12. Daurah Manajemen

Kegiatan ini dilakukan di periode awal kepengurusan untuk memberikan bekal dan penguatan keorganisasian kepada pengurus dalam menjalani kepengurusan di DPD Wahdah Islamiyah Mamuju.

13. Kelas Menulis

Untuk mewadahi kader dan simpatisan DPD Wahdah Islamiyah Mamuju yang gemar menulis, telah dibuat kelas menulis di bawah asuhan salah seorang wartawan senior. Kegiatan ini telah berjalan mulai Bulan Maret 2017 yang Insya Allah akan menyelesaikan 12 kali pertemuan.